Saturday 26 May 2018

Pantai Santolo-Garut-Jawa Barat Part I

0 comments

Pantai Santolo yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Garut tidak hanya terkenal dengan Jeruk Garut tetapi salah satu pantai yang populer terdapat di Kabupaten Garut yaitu Pantai Santolo. Terletak di Kec. Cikelet, sebelah selatan pusat kota garut atau biasa disebut Garut Selatan, Garsel atau Garsela, Jarak tempuh dalam waktu 3,5 jam perjalanan atau sekitar 88 km dari Garut Kota. Pantai ini cukup dikenal di kota bandung dan merupakan daerah tujuan wisata. Kawasan Pantai Santolo merupakan berkumpulnya nelayan tradisional yang akan dikembangkan menjadi daerah tujuan wisata yang indah. Juga merupakan daerah untuk kegiatan nelayan sebagai dermaga (pelabuhan) kapan ikan atau kapan perahu yang ada di pamaeungpeuk. Menikmati panorama pantai dan biota laut merupakan aktivitas wisata yang di lakukan. Tersedia juga sewaan perahu yang melayani wisata untuk menikmati deburan pantai ombak selatan yang cukup menantang. Selain itu kita bisa menikamati hidangan makanan laut yang segar dengan sajian yang sederhana. Fasilitas yang di butuhkan wisatawan cukup tersedia seperti losmen, kios-kios cinderamata dengan harga terjangkau. (Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Pantai_Santolo).

Bersama Sahabat, Jumat 28 April 2017

Awal perjalanan ke pantai santolo ini ialah, berkumpul di tempatnya Kang Yasir Jakarta-Barat, saling cek perlengkapan apakah bawa baju ganti dan lain-lainnya, terus kita order taksi online untuk segera berangkat ke tempat  nya Kang Udin di Keramat Jati-Jakarta Timur.
Persiapan di tempat kang yasir

Lengkap sudah semua personilnya (4 orang) kita naik angkot lagi ke terminal bus Mayasar Bakti untuk menuju ke rumah Kang Jamet yang ada di Garut salah satu temen kita yang ikut dalam perjalanan ini. karna perjalanan dari Jakarta agak sorean sampe Garut malam hari, naik ojek lagi ke tempat Kang Jamet dan  menginap semalam di rumahnya. Azan Subuh terdengar menandakan matahari mulai terbit, kita mengerjakan solat subuh dan bersiap-siap lagi untuk melanjutkan perjalanan ke Garut Kota.

Sampai Garut kota sabtu (29/4/2017) sekitar jam 7 pagi, kita sarapan Ketupat Tahu sebelum melanjutkan perjalanan ke pantai santolo.dari garut kota ke pantai santolonya kita menaiki bus elf yang di kenakan ongkos per penumpang Rp.33.000.
Photo saat bus yang kita  naiki berhenti/isitirahat di tengah perjalanan (nama tempatnya lupa) jam 10:01:04

Jalan yang kita lalui pemandangan nya begitu indah, kiri kanan jalan terlihat pohon-pohon yang menjulang tinggi dan tumbuhan teh yang berhamparan.
Perjalanan ini menghabiskan waktu kurang lebih 5 atau 6 jam dari garut kota ke simpang santolo, dari simpang santolo ke pantainya kita jalan kaki menempuh sejauh 2km di siang hari di bawah terik matahari.
Simpang Santolo (jam 11:51:48)
Dari perjalanan 2km tadi sudah mulai mendekati pantainya, tidak pikir panjang lagi untuk segera mencari penginapan, karna semua personil sudah merasa ke lelehan,kurang tidur,kurang mandi,kurang makan!!!gak dong,

Penginapan Bayu Samudra Jam 13:29:32

Akhirnya setelah kita cek,tanya untuk penginapan yang masih kosong tenyata masih ada 1 yang kosong yaitu penginapaan No.1 penginapan ini berseberangan langsung dengan LAPAN (Stasiun Peluncuran Roket Lapan) dan tawar menawar biaya penginapan pun tidak bisa di hindari, Kang Udin yang jago dalam tawar menawar mulai mengeluarkan jurusnya, palu pun di ketok dan deal. Biaya penginapan kita dari jam 1 siang tgl 29/4/17 sampai jam 10 pagi tgl 30/4/2018 adalah sekian, sangat murah sih untuk 4 orang. Dalamnya lumayan bagus,lengkap lah untuk kita yang hanya menginap semalam.

Di Penginapan (jam 13:30:04)
Kunci penginapan kita terima, kita siap untuk bersih-bersih, nyapu dan masukin barang masing-masing. Di photo ini ada Kang Udin dengan Kang Jamet langsung tiduran karna saking capek nya Sabtu (29/4/2017).

Siangnya kita beli kelapa muda yang berjualan di pinggir pantai dan sekalian kita beli makan siang,  terlihat di setiap pinggir pantai orang-orang masih sepi belum ada pada datang, kita pun balik lagi ke penginapan menuggu mungkin agak sorean baru pada rame.

Benar, sekitar jam 4 sore orang-orang sudah mulai rame ada yang selfi, poto-poto, ada yang bawa anaknya, ada yang bawa geng nya, ada yang cuma berdiri doang menikmati sore hari. kang Udin yang dari awal memang sudah kepingin mandi langsung maju mendekati ombak yang sore itu ombaknya yang lumayan besar, di Susul saya sendiri dan Kang yasir.

Temen kita Kang Jamet  yang megang kamera dan jadi potographer (juru potret).

Tidak terasa hari mulai malam, kami menghabiskan waktu kurang lebih 3 jam di pantai, sebagai penutup sore hari kami ditemani sunset yang sangat indah.

Jam 17:35:38

Perlahan mulai sepi, meskipun masih ada beberapa orang terlihat di kejauhan,,,akhri dari sore ini 29/4/2017.